Menu

  • Home
  • Berita
  • Buku Tamu
  • Join
  • Tentang Saya

    Kamis, 19 Agustus 2010

    Home » Interpretasi geofisika

    Interpretasi geofisika

    Mengapa interpretasi geologi penting bagi geofisika,,,?????

            Pertanyaan  ini sangat perlu bagi anak Geofisika yang bekerja di lapangan. Seorang pengamat lapangan terutama geofisika haruslah mempunyai pengetahuan lebih dalam untuk geologinya tarutama petrologi, paleontologi, struktur geologi, stratigrafi, dan sedimentasi. Disini anak geofisik dituntut harus punya teori-teori hipotesa yang baik, apalagi sudah bekerja di lapangan sebenarnya. Semua kondisi ini akan tercipta bila seseorang tersebut punya keingintahuan yang besar, dan daya imajinasi yang luas. Kemampuan diatas adalah sangat mutlak, karena seringkali masalah-masalah geologi yang di jumpai di lapangan yang sebenarnya harus di pecahkan ketika mengamati sebuah singkapan dan peristiwa geologi lainnya. Hal ini di karenakan beberapa singkapan mempunyai sifat yang tidak mungkin untuk di bawa dan dipelajari di laboboratorium. Untuk itu sangatlah dituntut seorang pengamat apalagi geofisika melakukan interpretasi atau penafsiran yang sesuai dengan teori atau hipotesa yang ada. Bagi seorang geofisika haruslah tahu apa yang kita amaati dilapangan terutama untuk jenis batuannya, bagamaiana bentuk dan hubungan struktur satu sama lain, trus bagaiamana struktur tersebut dapatlah terbentuk, serta kapankah kejadian-kejadian struktur itu terjadi.
         Oleh karena itu sangatlah penting bagi anak-anak geofisika untuk tahu interpretasi geologi. Memang kemampuan untuk menginterpretasi seseorang dapat berbeda-beda. Walaupun interpretasi itu kadang-kadang ada yang tidak benar, namun semua itu adalah dasar pemikiran seseorang  untuk menafsirkan persoalan yang ada dimana kesemuanya ini sangatlah dipengaruhi oleh pribadi masing-masing.
         Dalam dunia sains sebuah pendapat dapat dianggap benar sampai akhirnya dapat dibuktikan salahnya. Demikian juga dengan geofisika,mengapa?. Hal itu sangatlah lumrah, dimana sampai interpretasi data dapat dibuktikan dengan pengeboran untuk mendapatkan data lain, barulah  interpretasi tersebut akan diketahui mana yang lebih tepat. Terutama untuk sumur-sumur taruhan (eksplorasi) tentu saja akan lebih besar ketidak menentuan atau ketidak pastiannya. Banyak hal-hal baru yang justru hanya bisa diperoleh setelah diuji dengan pengeboran sumur. Misalnya ada tidaknya kandungan migas. Tidak benar kalau ada tidaknya migas dapat diketahui dari permukaan, iya kan? hahahahhahahahahhahaha

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar