Menu

  • Home
  • Berita
  • Buku Tamu
  • Join
  • Tentang Saya

    Selasa, 17 Agustus 2010

    Home » Geographical Information Systems'Pemetaan 3D'

    Geographical Information Systems'Pemetaan 3D'

        Bagaimana Pemetaan 3D dapat berperan dalam pertambangan dan industri mineral. Pertanyaan ini sangat baik terutama karena teknologi dalam bidang sistem informasi geografis (SIG) untuk pertambangan dan industri mineral secara terus-menerus diperbaharui. Apalagi sekarang  GIS mempunyai  peranan untuk menunjukkan  bagaimana data lapangan dapat digunakan dan disajikan secara lebih efektif melalui teknik seperti pemetaan 3D dan virtualisasi.
       Pada tahun 2006 Persemakmuran dan Science Research Organisation (CSIRO) dan Mineral Down Under Kapal telah  bekerja pada 3D dan 4D untuk platform pemetaan dan pemodelan. Kenyataan ini menunjukkan bahwa kita dapat melihat bagaimana penargetan dan peningkatkan "efektivitas dan efisiensi eksplorasi untuk pertambangan . "
        Kepala CSIRO yaitu Dr Peter Lilly berkata: "keberhasilan usaha kami untuk mengumpulkan informasi tentang bumi dan unsur-unsurnya tidak berguna tanpa teknik komputer canggih yang dapat digunakan untuk menganalisis dan menafsirkan data secara akurat.
      Peranan GIS untuk sebuah Investasi juga sangat besar. Ini terlihat dari sebuah perusahaan pertambangan Kanada yaitu  Teck Resources Limited yang merupakan perusahaan pertambangan terbesar di kanada. Perusahaan ini telah berinvestasi dalam kemampuan GIS di bulan bulan ini. Pada Maret perusahaan ini telah menandatangani kontrak tiga tahun dengan perusahaan ESRI untuk perangkat lunak yang memungkinkan untuk mengembangkan GIS global. Perusahaan ini juga telah menggunakan GIS untuk 15 tahun untuk mengidentifikasi deposito di lokasi di seluruh dunia. Teck Resources Limited saat ini beroperasi di 13 negara penghasil tembaga, batu bara metalurgi dan seng, molibdenum dan logam khusus, dan juga pemasok dari logam untuk diberikan medali di Olimpiade 2010 Vancouver Games.  
        Dengan sistem baru tersebut (GIS) sebuah  perusahaan akan dapat mengambil data dari GIS dan virtualise dan dapat berbagi dengan pengguna lain di seluruh dunia. Selain itu, data ini dapat diintegrasikan dalam perhitungan sumber daya, perencanaan pertambangan, administrasi kepemilikan tanah dan aplikasi dokumen manajemen untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Namun, sejumlah data yang tersedia pada platform akan tidak ada gunanya jika tidak disertai dengan analisis yang terbukti dan canggih dan teknik pemetaan yang baik.
       Dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari GIS akan dapat  menciptakan sebuah basis data pengoperasian yang baik, memungkinkan klien untuk terus mengakses informasi global dan menggunakannya dalam proyek-proyek mereka sendiri. Sehingga ini sangat penting bagi negara-negara untuk memiliki infrastruktur untuk berbagi informasi geologi mereka. Ketersediaan data geologi yang bersama dan peta yang akurat akan membuka peluang baru bagi negara untuk bekerja sama lebih erat, baik untuk ilmu pengetahuan, manajemen bencana atau pengembangan sumber daya alam.

    2 komentar:

    1. wah beurat pisan topiknya ya.....

      hemmmmmm......

      coba saya baca dengan cermat kembali tulisan anda,,,,,

      masih kurang detil informasinya...

      cuma masukan aja,,,,

      terimakasin

      BalasHapus
    2. bener banget tuh...berat...tapi mungkin yang ahli di bidangnya mah ga keberatan...

      BalasHapus