Menu

  • Home
  • Berita
  • Buku Tamu
  • Join
  • Tentang Saya

    Minggu, 15 Agustus 2010

    Home » ABSTRAK IPA AKU

    ABSTRAK IPA AKU

    KAJIAN PENGARUH IMPEDANSI AKUSTIK DAN POISSON’S RATIO
    DALAM RESPON AVO UNTUK PENDETEKSIAN HIDROKARBON
    (STUDI EKSPLORASI HIDROKARBON)

    Pesatnya perkembangan dunia eksplorasi di bidang geofisika dewasa ini merupakan salah satu usaha untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang kondisi bawah permukaan, karakterisasi reservoar sampai identifikasi hidrokarbon melalui pengembangan teknologi instrumentasi, akuisisi (pengukuran), pengolahan data, dan interpretasi yang lebih lanjut.
    Dalam paper ini akan disampaikan kajian Pengaruh impedansi akustik dan Poisson’s Ratio dalam Respon AVO untuk Pendeteksian Reservoir Hidrokarbon(Minyak Dan Gas Bumi). Kajian ini dilakukan pada reservoir batuan karbonat dan batuan pasir. Sifat elastisitas dan kecepatan gelombang elastik didalam batuan dikontrol oleh sifat elastik batuan. Sifat elatis batuan dapat digambarkan oleh impedansi akustik yaitu perkalian antara densitas dengan kecepatan gelombang seismik. Umumnya Kecepatan gelombang elestik dan keelastisan materi berbeda-beda antara satu lapisan dengan lapisan lain. Perbedaan antara satu lapisan dengan lapisan ini membentuk Impedansi akustik (AI) dan Poisson’s Ratio. Impedansi akustik dapat digunakan untuk menggambarkan tingkat Kekerasan suatu batuan(Anstey 1977,Sukmono 1999). Hubungan Vp dan Vs yang dinyatakan dalam parameter ratio antara Keduanya dapat diperoleh dari data seismic(Ostrander,1982). Perubahan parameter ini akan terlihat pada respon variasi amplitude atau AVO untuk Pendeteksian Reservoir hidrokarbon(Minyak Dan Gas Bumi). Karakter refleksi seismik AVO ini dapat digunakan untuk identifikasi fluida dan litologi pada batuan reservoir hidrokarbon (AllendanPeddy,1993).
    Untuk tujuan ini AVO dibuat dalam bentuk range limited off-set yang menunjukkan bahwa batuan karbonat yang porous dapat dikenali dengan baik dari respon amplitudonya. Karena harga Poisson's ratio antara air dan gas pada reservoir batuan karbonat relatip kecil, maka diperlukan kehati-hatian dalam analisisnya. Pengkajian pada reservoir batuan pasir menunjukkan bahwa respon AVO tidak bergantung dari tingkat saturasi gas, sehingga hal tersebut berbeda untuk tingkat saturasi minyak. Oleh karena itu melalui studi ini diharapkan reservoar sebagai
    tempat terakumulasinya hidrokarbon(minyak dan gas bumi) dapat dikarakterisasi dengan lebih baik.

    Kata kunci: impedansi akustik, poisson’s ratio,AVo,reservoir, dan hidrokarbon


    STUDY INFLUENCE THE ACUSTIC IMPEDANCE AND POISSON’S RATIO
    THE AVO RESPONSE FOR DETECTION OF HYDROCARBON
    (STUDY of EXPLORATION HYDROCARBON)

    In this paper presented a study influence the acoustic impedance and Poisson's Ratio the AVO response for Detection of Hydrocarbons(Oil and Gas Reservoir Earth). The study was conducted on carbonate reservoir rocks and sand rock. Nature of the elasticity and elastic wave velocity in rocks is controlled by the elastic properties of rock. Elestik wave velocity and material keelastisan vary from one layer to another layer to form an acoustic impedance (AI) and Poisson's Ratio. This parameter changes will be seen in the response or the amplitude variations for detection AVO Reservoir Oil And Natural Gas.
    For this purpose AVO was made in the form of limited range of off-set that indicates that the porous carbonate and sand rocks can be identified by either of the amplitude response. Because the price of Poisson's ratio between water and gas in carbonate reservoir rocks relatively small, so caution is needed in the analysis. Assessment of reservoir rocks indicate the sand that does not depend AVO response from the gas saturation level, so it is different to the level of oil saturation.

    Keywords: acoustic impedance, Poisson's Ratio, AVO, Reservoir, and hydrocarbons

    1 komentar:

    1. ada metoda lain gak untuk mendeteksi hidrokarbon??
      kalo ada, kenapa lebih memilih impedensi akustik sebagai metoda anda??

      BalasHapus